Jumat, 09 Desember 2011

Pengantar dari as-Syaykh Kholid bin 'Abdur Rohman al-Husayan dalam kitab beliau دروس تربوية من الأحاديث النبوية / "Studi Pendidikan dari Hadits-Hadits Nabi"

Pengantar dari as-Syaykh Kholid bin 'Abdur Rohman al-Husayan dalam kitab beliau 
دروس تربوية من الأحاديث النبوية / "Studi Pendidikan dari Hadits-Hadits Nabi"
---------------------------------------------

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله، أما بعد:
Segala puji bagi Alloh, Robb semesta alam, dengan pujian yang banya, baik, lagi berbarokah. Dan saya bersaksi bahwa tidak ada ilah kecuali Alloh semata tidak ada sekutu baginya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, adapun kemudian;

إن أكثر ما يحتاجه العبد المسلم في هذا الزمان الذي كثرت فيه الفتن والمغريات والشبهات والشهوات هو تقوية صلته بربه، وكثرة دعائه، وبذل كل سبب يقربه إلى الله، والابتعاد عن كل طريق يعوقه عن الاتصال بربه.
Sesungguhnya kebanyakan yang dibutuhkan oleh hamba yang muslim di zaman ini, zaman yang banyak fitnah, godaan, syubuhat dan syahwat, adalah penguat hubungan dia dengan Robb-nya, banyaknya doanya, mengerahkan segala sebab yang mendekatkannya kepada Alloh, serta menjauhi segala jalan yang menghalanginya dari berhubungan dengan Robb-nya.

فجاءت هذه الدروس التربوية الإيمانية التي جمعتها من أقوال أهل العلم المتقدمين والمتأخرين، وما لي جهدفيها إلا الجمع والتهذيب والاختصار والترتيب حتى تكون سهلة الوصول إلى من يريد تجديد صلته بربه، ويرتقي إلى منازل العابدين السائرين إلى رب العالمين.
Maka muncullah studi pendidikan iman yang saya kumpulkan dari perkataan ahlul ‘ilm terdahulu dan masa kini ini. Sedangkan keseriusan saya di dalamnya hanyalah mengumpulkan, menyaring, meringkas dan merapikan, hingga menjadi mudah untuk menyambung bagi siapa yang ingin memperbaharui hubungannya dengan Robb-nya, dan dapat meningkat kepada derajat hamba-hamba yang (berusaha) berjalan kepada Robb semesta ‘alam.

وجعلتها على شكل دروس يومية وغالبها مأخوذة من كلام الحافظ ابن رجب رحمه الله ويستطيع أن يستفيد منها الإمام في مسجده، والداعية في مجلسه، والمدرس في مدرسته، والأب في بيته، والمرأة في وسط مجتمعها.
Saya menjadikan studi ini dalam bentuk studi harian dan kebanyakan diambil dari perkataan al-Hafizh Ibnu Rojab –semoga Alloh menyayanginya-, dan seorang imam di masjidnya dapat mengambil faedah dari studi ini, seorang da’i dalam majlisnya, seorang guru madrosah (sekolah) dalam madrosahnya (sekolahnya), seorang bapak dalam rumahnya, dan seorang wanita di tengah-tengah komunitasnya.
والله الموفق والهادي إلى سبيل الرشاد
وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين.
Dan Alloh lah Yang memberikan tawfiq dan Yang memberikan petunjuk kepada jalan yang benar
Akhir seruan kami, segala puji bagi Alloh Robb semesta alam.

خالد بن عبد الرحمن الحسينان
19 ذو الحجة 1430 هـ
Kholid bin ‘Abdur Rohman al-Husaynan
19 Dzul Hijjah 1430 H


Tidak ada komentar: